Minggu, 14 November 2010

ANALISIS MAKSIMALISASI KEUNTUNGAN PADA USAHA “VERINA CHOCOLATE” DENGAN METODE SIMPLEKS
Oleh :

Viola Claudia Provita


BAB I
PENDAHULUAN

1.Latar Belakang
Verina Chocolate adalah sebuah Usaha Kecil Menengah (UKM) yang berdomisili di kota Depok yang memproduksi aneka kue dan permen yang berbahan dasar cokelat , karena cokelat merupakan makanan yang disukai oleh berbagai lapisan masyarakat.
Selain untuk memuaskan konsumen usaha ini juga bertujuan untuk mendapat laba yang maksimal, terutama pada saat- saat seperti ini, dimana harga bahan baku untuk produksi semakin meningkat. Dinamika seperti ini, menuntut perusahaan maupun usaha kecil lainnya untuk bekerja secara serius sehingga perusahaan ternhindar dari kerugian atau gulung tikar. Mencari keuntungan yang sebesar-besarnya merupakan tujuan utama suatu perusahaan baik perusahaan yang berskala kecil sampai skala besar.
Dalam rangka memaksimalkan keuntungan, perusahaan tidak lepas dari kendala – kendala yang dihadapi seperti halnya keterbatasan bahan baku, naiknya harga bahan baku serta menurunnya daya beli masyarakat, untuk menyiasati keadaan seperti ini pemilik usaha harus melakukan kebijakan-kebijakan dalam menciptakan strategi bisnis yang inovatif yang mampu mengatasi kendala-kendala tersebut serta memiliki kemampuan untuk bersaing dengan perusahaan yang sejenis agar eksistensi perusahaan tersebut dapat dipertahankan dan mengalami kemajuan.
Berdasarkan keterangan diatas, maka penulis memiliki ketertarikan untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan pencapaian keuntungan maksimum dalam suatu usaha. Dalam penelitian ini penulis menggunakan alat yaitu Linier Programing sebagai alat pemecahan masalah.

2. Rumusan dan Batasan Masalah
Rumusan masalah yang akan diambil untuk penelitian ini adalah :
1. Mengetahui bagaimana kombinasi produk yang dijual agar menacapai keuntungan maksimal
2. Mengetahui berapa keuntungan yang didapat Verina Chocolate setelah menggunakan Metode Simpleks
Batasan masalah yang berkaiyan dengan penelitian ini mengenai analisis penggunaan dan pengalokasian factor-faktor produksi untuk 3 jenis produk antara lain Cokelat isi marsmelow, Permen Cokelat isi kacang madu dan Coklat Strawberi.

3.Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah :
1. Untuk mengetahui pengoptimalan biaya dan pengalokasian bahan baku untuk memaksimalkan keuntungan
2. Untuk mengetahui kombinasi produk yang tepat agar mendapat keuntungan yang sebesar-besarnya.

4. Kerangka Pemikiran
Yang menjadi kerangka pemikiran untuk penelitian ini adalah variabel-variabel yang digunakan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah bahan baku seperti cokelat aneka rasa tanpa pewarna buatan (S1), susu(S2) , cokelat bubuk(S3), kacang madu (S4), marsmelow (S5), selai strawberi(S6) . Variabel – variabel tersebut merupakan fungsi kendala yang berpengaruh terhadap fungsi tujuan yaitu Cokelat isi marsmelow (X1), Permen Cokelat isi kacang madu(X2) dan Coklat Strawberi (X3). Dengan ditentukannya variabel, maka penghitungan laba maksimal dari kombinasi produk yang akan diproduksi dapat dihitung dengan Metode Simpleks.
Dasar dari penelitian ini merupakan keseuaian dari beberapa data yang diambil dari 3 penelitian yang relevan dengan penelitian ini. Antara lain penelitian yang dilakukan oleh Linda (2005) yang meneliti tentang keuntungan maksimal pada kedai Coklat Qta-Qta, penelitian berikutnya dilakukan oleh Agus Taman dan Fitriatin pada tahun 2008, masing-masing meneliti Pabrik roti yang berbeda yaitu Pabrik Roti Camelia dan Pabrik Roti Rahayu. Dari ketiga penelitian tersebut setelah pmenggunakan metode Simpleks Laba Masing-masing perusahaan mengalami peningkatan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar