Sabtu, 19 Desember 2009

PENGERTIAN & TUJUAN KOMPENSASI DAN HAL-HAL LAINNYA YANG BERKAITAN DENGAN KOMPENSASI



K

ompensasi adalah segala sesuatu yang diterima karyawan atas hasil kerja karyawan tersebut pada organisasi. Kompensasi bisa berupa fisik maupun non fisik dan harus dihitung dan diberikan kepada karyawan sesuai dengan pengorbanan yang telah diberikannya kepada organisasi / perusahaan tempat ia bekerja.

Tujuan kompensasi adalah memberikan penghargaan kepada para karyawan sehingga masing-masing karyawan dapat meningkatkan kinerja perusahaan yang dapat memajukan perusahaan tersebut. Selain itu kompensasi dijalankan agar mendapatkan karyawan yang berkualitas baik.

Sebelum perusahaan memberikan kompensasi kepada para pekerja perusahaan harus melakukan penghitungan kinerja dengan membuat sistem penilaian kinerja yang merata. Sistem tersebut umumnya berisi kriteria penilaian setiap pegawai, misalnya mulai dari jumlah pekerjaan yang bisa diselesaikan, kecepatan kerja, komunikasi dengan pekerja lain, perilaku, pengetahuan atas pekerjaan, dan lain sebainya.

Para karyawan mungkin akan menghitung-hitung kinerja dan pengorbanan dirinya dengan kompensasi yang diterima. Apabila karyawan merasa tidak puas dengan kompensasi yang didapat, maka dia dapat mencoba mencari pekerjaan lain yang memberi kompensasi lebih baik. Hal itu cukup berbahaya bagi perusahaan apabila pesaing merekrut / membajak karyawan yang merasa tidak puas tersebut karena dapat membocorkan rahasia perusahaan.

Kompensasi yang diberikan kepada karyawan ada dua jenis yaitu kompensasi Ekstrinsik dan Kompensasi Instrinsik. Kompensasi Ekstrinsik adalah imbalan yang diberikan berupa uang antara lain gaji,upah, honor,bonus,komisiupah,insentif dll. Dan ada juga imbalan ekstrinsik yang bentuknya benefit atau tunjangan antara lain uang cuti,uang makan,jamsostek,uang pensiun. Sedangkan Kompensasi Instrinsik adalah kompensasi yang tidak berbentuk fisik missal adalah kondisi lingkungan kerja yang baik juga pekerjaan yang menarik.

3 Teori Latar Belakang / Melatar Belakangi Kompensasi Pekerja :

1. Teori Kompensasi Ekonomi Pasar
Teori ekonomi pasar adalah penciptaan suatu harga upah atau bayaran yang didasarkan atas kekuatan tawar-menawar negosiasi / negoisasi antara para pekerja, pegawai, karyawan, buruh, dsb dengan pihak manajemen perusahaan.

2. Teori Kompensasi Standar Hidup
Teori standar hidup adalah suatu sistem kompensasi di mana upah atau gaji ditentukan dengan menyesuaikan dengan standar hidup layak di mana para pekerja dapat menikmati hidup dengan damai, mana, tentram dan sejahtera mencakup jaminan pensiun di hari tua, tabungan, pendidikan, tempat tinggal, transportasi dll.

3. Teori Kompensasi Kemampuan Membayar
Teori kemampuan membayar adalah suatu sistem penentuan besar kecil kompensasi yang diberikan kepada para pekerja dengan menyesuaikannya dengan tingkat pendapatan dan keuntungan perusahaan. Ketika perusahaan sedang berjaya, maka karyawan diberikan tambahan kompensasi. Tetapi jika perusahaan mengalami kerugian, maka pegawai juga akan mendapat pengurangan kompensasi.


1 komentar: